Mengenal Cemilan Enak di Indonesia di Tahun 2021

Cemilan Enak di Indonesia
Cemilan Enak di Indonesia

Hal paling sederhana saat memperkenalkan sebuah daerah pada turis atau bahkan sesama orang Indonesia sendiri adalah dengan mengenalkannya dengan makanan khas daerah tersebut. Makanan adalah salah satu bentuk hasil budaya yang amat mudah untuk diingat. Bukan hanya ada makanan utama yang bisa dikenalkan pada orang lain, namun juga cemilan. Cemilan enak lebih praktis untuk dipasarkan sebagai ciri khas suatu daerah. 

Ketika seseorang mengunjungi sebuah daerah, oleh-oleh yang dicari biasanya adalah cemilan dari daerah tersebut. Hal tersebut terjadi sebab cemilan lebih mudah untuk dibawa dan dinikmari. Cemilan akan tahan lebih lama dibandingkan makanan utama khas sebuah daerah, mengingat perjalanan yang harus ditempuh. Selain itu cemilan lebih mudah untuk dibawa karena biasanya wadahnya tidak harus serumit makanan utama, terlebih tekstur cemilan biasanya adalah kering.  

Baca Juga : Kenali Arti Mawar Ungu Disni

Berbagai cemilan enak dan Murah di Indonesia

Cemilan Enak | Pxhere
Cemilan Enak | Pxhere

 

  • Wingko babat 

Wingko babat adalah cemilan enak manis gurih berbentuk bulat. Bahan utama wingko babat adalah tepung ketan dan kelapa. Cara memasaknya adalah dengan memasaknya di wajan anti lengket. Rasa manis dan gurih yang diberikan oleh wingko babat akan membuat kita menyesal jika hanya membelinya sedikit sebagai oleh-oleh 

 

  • Lanting 

 

Lanting adalah cemilan khas Gombong, Jawa Tengah. Cemilan enak ini tepat untuk menemani rasa bosan atau menemani bekerja di rumah. Lanting berbentuk cemilan angka delapan dengan warna merah muda dan putih. Pada awalnya lanting hanya memiliki rasa asin, seiring berkembangnya bahan perasa, lanting kini hadir dengan berbagai varian rasa seperti keju, jagung bakar, balado, dan banyak lagi. 

 

  • Kue bingke

 

Kue bingke berasal dari Pontianak yang biasanya menjadi menu berbuka puasa. Bahan utama kue bingke adalah terigu dan kentang halus sekaligus bahan tamabahan lainnya. Adonan ini kemudian dipanggang hingga kecoklatan. Hasilnya adalah kue lembut yang legit, cocok dinikmati dengan kopi. 

 

  • Sale pisang

 

Sale pisang, biasanya dapat ditemui di Jawa Barat seperti saat berkunjungi Puncak, Bogor atau Bandung. Oleh-oleh ini terbuat dari pisang yang diiris tipis dan digoreng dengan tepung. Manis gurih dari cemilan enak ini akan awet beberapa hari dari waktu pembuatan. 

Baca Juga : Pohon Pisang Paling Bernilai di Indonesia

 

  • Wajik

 

Wajik memiliki berbagai jenis di Indinesia, yang paling umum adalah wajik ketan yang berasal dari Jawa Tengah. Beras ketan dicampurkan dengan gula merah sehingga memiliki rasa legit. Wajik ini harus dicetak untuk setelahnya dipotong-potong. 

 

  • Intip

 

Intip termasuk cemilan yang unik dari Solo, Jawa Tengah. Untuk membuat cemilan enak ini, harus terlebih dahulu membuat nasi menjadi kerak yang menempel di panci sehingga cemilan ini berbentuk seperti panci. Setelah kerak ini jadi dan tebal, cemilan tersebut kemudian disiram dengan gula merah cair yang nantinya juga akan ikut mengering. 

 

  • Bolu meranti

 

Bolu meranti adalah buah tangan  yang wajib dibeli jika berkunjung ke Medan. Cemilan enak ini hanya diproduksi di Medan dan tidak dapat dipesan online di kota lain. Maka jangan melewatkan kesempatan untuk membeli cemilan ini jika kembali ke kota asal. Bolu meranti adalah bolu gulung dnegan berbagai varian rasa seperti cokelat, keju, blueberry, dan berbagai rasa lainnya 

 

  • Bolu 8 jam

 

Bolu 8 jam adalah kue manis dari Palembang, Sumatera Selatan. Cemilan enak ini biasanya hadir dalam acara-acara penting. Uniknya bolu ini dinamai bolu 8 jam sebab proses memasakknya yang menghabiskan waktu hingga 8 jam. Bahan utama dalam adonan cemilan ini berisi susu, telur, dan gula. Untuk penyuka makanan manis, bolu 8 jam ini adalah cemilan yang tepat.

Baca Juga : 10 Buah Yang Mengandung Vitamin C Terbaru

  • Bagea 

Bagea adalah cemilan khas dari Ternate, Maluku Utara yang bertekstur seperti kue kering. Kue ini dibuat dengan tepung sagu yag dicampurkan dengan berbagai bahan lain termasuk kenari. Cemilan ini sudah pasti mejadi daftar wajib buah tangan saat berkunjung ke Maluku. 

  • Gethuk 

Gethuk adalah cemilan dari Jawa Tengah yang terbuat dari olahan singkong yang dimakan dengan cara diurap atau ditaburi parutan kelapa. Rasanya snediri adalah manis dan gurih dengan berbagai warna seperti pelangi. Masyarakat Jawa memiliki filosofi dalam tentang gethuk yang hingga kini masih dinikmati banyak orang. Terdapat kesederhanaan dan rasa syukur pada tiap gethuk yang dibuat. Hal ini dikarenakan awal mula pembuatakan gethuk disebabkan oleh sulitnya mendapatkan beras saat Jepang masih menduduki Indonesia.

  • Baso siong 

Namanya yang unik tidak akan membuat banyak orang mengetahui bahwa cemilan ini terbuat dari jagung. Baso siong adalah cemilan yang akan membuat penikmatnya tidak berhenti ngemil. Baso siong sendiri berasal dari Sumbawa. Untuk membuat baso siong yang perlu dilakukan hanya menyangrai jagung. Rasa yang akan didapatkan dari hasil jagung yang disangrai adalah gurih dan asin, sehingga tidak heran makanan ini disebut cemilan. 

  • Kacang sembunyi

Kacang sembunyi adalah cemilan yang namanya sesuai dengan bentuknya. Kacang tanah akan dilapisi dengan tepung sehingga memiliki rasa gurih saat dimakan. Tidak berhenti hanya disitu kacang dan tepung ini kemudian disembunyikan lagi dengan gula yang sudah dijadika karamel. Saat menikmati cemilan ini yang akan lidah kita rasakan adalah rasa asin gurih dan manis. 

Cemilan Malam Yang Enak masa kini

Cemilan Enak di Malam Hari
Cemilan Enak di Malam Hari
  • Gorengan 

Gorengan adalah cemilan yang sudah pasti disukai seluruh orang di Indonesia. Gorengan sebenarnya hanyalah adonan terigu, namun isiannya dikreasikan dengan berbagai buah dan sayur. Campuran terigu tersebut dapat berisi pisang, sayuran, tahu, tempe, sukun, dan masih banyak lagi yang dapat menjadi isian gorengan.

  • Makaroni goreng pedas 

Jika di Eropa banyak ditemui makaroni dicampur dengan berbagai saus seperti saus keju, bolognese, dan lainnya. Belakangan ini, di Indonesia makaroni mulai mendapatkan panggung untuk menunjukan kenikmatannya. Makaroni di goreng dan diberi bumbu pedas dan asin sangat cocok sebagai cemilan yang akan laku di pasaran sebab orang Indonesia suka dengan makanan pedas. 

  • Bakso goreng
Bakso Goreng Cemilan Enak
Bakso Goreng Cemilan Enak

 

Bakso goreng atau basreng awalnya adalah cemilan yang berasal dari Jawa Barat. Namun, saat ini basreng telah menjmaur hingga Jakarta. Terdapat dua jenis basreng yang bisa dijadikan cemilan. Bakso yang dibelah tengahnya lalu digoreng dan dinikmati dengan saus sambal. Dan ada juga bakso yang di potongi kecil-kecil lalu digoreng hingga kering sebelum diberi bumbu pedas. 

  • Tahu bulat 

Tahu bulat adalah cemilan yang terkenal dengan suaranya saat pedagangnya berjualan. Penjual tahu bulat akan memutarkan suara kocak saat berkelilinga dengan mobil pick up. Sambil menggoreng Si penjual akan melayani pembeli tahu bulat. Tahu bulat akan dibumbui dengan berbagai  bumbu sesuai keinginan pembeli. 

 

  • Telur gulung 

Telur gulung adalah cemilan yang biasanya dijual di area sekitar sekolah atau kampus. Peminat cemilan ini terdiri dari berbagai kalangan, dari anak SD hingga anak kuliahan. Telur gulung adalah cemilan yang terbuat dari kocokan telur yang dimasukan ke dalam botol. Sebelum menggoreng telurnya, biasanya penjual telur gulung terlebih dahulu memasukkan bihun. Cara ini dilakukan untuk membuat telur gulung lebih tebal.

Add a Comment