Semua Tentang Bunga Flamboyan
Semua Tentang Bunga Flamboyan

Tahukah kamu bunga flamboyan merupakan bunga yang bermekar indah dengan mahkota bunga mengambang seperti cakar? Cocok sekali untuk kamu yang menyukai keindahan halaman belakang rumah. Nah sebelum mengetahui itu semua mulai dari arti dan jenisnya, yuk simak terus artikel dari FlowerAdvisor.

Klasifikasi Bunga Flamboyan

Klasifikasi Bunga Flamboyan
Klasifikasi Bunga Flamboyan

Bunga flamboyan yang memiliki nama latin Delonix Regia merupakan jenis tanaman yang berciri khas dengan pohon besar dan ditumbuhi bunga-bunga bewarna merah cerah. Nama latin tanaman ini berasal dari kata Yunani yaitu Delos yang berarti mencolok dan Onyx yang bermakna cakar. 

Habitat asli dari bunga indah ini adalah pada derah beriklim tropis dan subtropis. Pada daerah Madagaskar tumbuhan ini dikenal sebagai tanaman hias. Namun, pada habitat aslinya bunga falmboyan terancam punah dikarenakan perusakan alam. 

Bunga ini sudah dikenal luas di wilayah Indonesia. Masyarakat mengenalnya sebagai bunga khas asl Betawi, hal ini dikarenakan pada zaman dahulu tanaman ini banyak tumbuh di daerah Jakarta. 

Baca Juga : Arti Bunga Baby Breath

Filosofi Bunga Flamboyan

Filosofi Bunga Indah Flamboyan
Filosofi Bunga Indah Flamboyan

Selain keindahan dan beragam manfaat yang ditawarkan flamboyan, terdapat filosofi yang membuat tumbuhan satu ini semakin berharga. Delonix Regia adalah nama latin yang disematkan pada tanaman ini. Delonix yang berasal dari bahasa Yunani yaitu Delos yang bermakna mencolok dan Onyx yang berarti cakar. Penamaan ini diambil dari karakterstik bunga tersebut.

Tidak hanya memiliki nama latin, dalam bahasa Inggris bunga ini dikenal dengan nama Frame Treel Gold Mohar atau jika dimaknai kedalam Indonesia yaitu kobaran api. Hal ini dikarenakan flamboyan bewarna merah cerah dengan sedikit warna oranye, sehingga tampilannya berbentuk kobakaran api. 

Selain itu, terdapat pendapat yang menghubungkan flamboyan dengan seseorang dengan daya pikat kuat. Setiap ucapan, tindakan yang dilakukannya akan menarik perhatian orang lain mendekat dan memperhatikannya.

Ketika dirawat dan dijaga dengan baik maka bunga ini akan tumbuh subur dan akan memberikan manfaat serta keindahan bagi pemiliknya dan orang sekitar.  

Ciri-Ciri Bunga Flamboyan

Ciri Flamboyan
Ciri Flamboyan

Tumbuhan berkayu dengan daun yang rimbut membuat masyarakat menjadikannya sebagai tempat berteduh dari panasnya sengatan cahaya matahari. Ciri utama yang terlihat dari bunga ini adalah terlihat seperti kanopi atau payung, karena tanaman ini tumbuh melebar dengan ketinggian antara 9 sampai 15 meter di atas permukaan laut. 

Flamboyan memiliki daun dengan bulu dibagian permukaannya. Daun mempunyai pertulangan berbentuk menyirip dengan panjang daun antara 30,5 sampai 50,8 centimer sedangkan lebarnya antara 11 sampai 25 centimeter. 

Bunga ini ternyata mekar secara musiman, biasnya terjadi pada pertengahan musim panas. Bunga flamboyan mempunyai diameter antara 8 sampai 15 centimeter dengan empat kelopak bewarna merah cerah atau oranye – merah dengan bentuk mengembang seperti cakar. Panjang mahkota bunga antara 4 sampai 7 centimeter serta satu mahkota tegak. Kelopak bunga indah ini berbentuk sedikit lebih besar yang ditandai dengan warna kuning dan putih.

Tumbuhan ini juga mempunyai buah dengan bentuk menyerupai pedang dan berbiji kecil seperti polong. Ketika tua biji akan berubah warna menjadi cokelat tua dengan panjang hingga 70 centimeter dan lebar 7 centimeter. 

 Ketika bunga ini tumbuh subur di daerah 2 musim maka bunga ini otomatis akan gugur ketika musim kemarau. Sedangkan pada wilayah 4 musim, selanjutnya akan tetap hijau selama musim semi dan musim dingin serta gugur pada musim kemarau. Bunga flamboyan juga sering dikenal sebagai tumbuhan semi-evergreen

Baca Juga : Fakta Menarik Bunga Mata Kucing

Jenis Bunga Flamboyan 

Selain dikenal sebagai Delonix Regia tumbuhan satu ini juga mempunyai genus lainnya yaitu Delonix Elata. Beberapa jenis flamboyan yang bisa Kamu temui adalah:

1. Bunga Flamboyan Kuning

Flamboyan identik dengan warna merah cerah pada bunganya, namun tidak hanya mempunyai satu warna, Kamu juga bisa menemukan bunga flamboyan kuning. Warna cerah ini sangat cocok menghiasi taman di rumah. 

2. Bunga Flamboyan Ungu

Warna ungu yang terpancar dari setiap kelopak bunga terlihat cantik ketika bermekaran. Tumbuhan ini akan memperindah dan memberikan kesan hangat pada kebun Kamu di rumah. Tampilannya akan semakin cantik ketika berguguran. 

3. Bunga Flamboyan Putih

Warna lain dari tumbuhan flamboyan adalah putih, warna yang memberikan kesan menyejukkan ini bisa menjadi pilihan pelengkap tanaman hias di rumah. 

4. Bunga Flamboyan Pink

Warna yang identik dengan romantisme ini akan menghangatkan hati setiap orang melihatnya. Kelopak pink pada jenis tumbuhan flamboyan ini tidak memiliki warna yang terlalu mencolok sehingga meneduhkan ketika diperhatikan. 

Flamboyan biasanya ditanam di pinggir jalan sebagai tumbuhan pelindung. Ketika bermekaran maka bunga flamboyan akan terlihat seperti bunga sakura dari jarak jauh. Bunga yang mekar pada waktu bersamaan menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat.

Manfaat Bunga Flamboyan 

Seringkali flamboyan dijadikan sebagai tumbuhan pelindung, karena karakteristik pertumbuhannya seperti kenopi. Selain itu, tumbuhan ini juga menyaring udara kotor pada wilayah perkotaan, sehingga memberikan kesejukan bagi mereka yang berteduh di bawah nya. Selain menjadi pelindung beberapa manfaat dari tumbuhan bewarna cerah ini adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi pencemaran udara

Pencemaran udara yang terjadi disuatu wilayah terutama pada daerah perkotaan merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dihindari. Kemampuan alamiah yang dimiliki tumbuhan untuk menghasilkan oksigen dari proses fotosintesis akan membantu mengurangi polusi udara disekitar Kamu. Tumbuhan berkayu yang ditanam pada wilayah perkotaan sangat membantu menyegarkan udara dan menjadi pelindung dari sinar matahari. 

  • Obat Malaria

Penyakit yang timbul karena serangan nyamuk Anopheles ini bisa diringankan gejalanya menggunakan tumbuhan flamboyan ini. Pada tanaman ini terdapat kandungan alkaloid yang diyakini bisa menghambat pertmbuhan plasmodium sp parasite penyebab penyakit malaria. 

  • Meningkatkan Mood

Bunga flamboyan yang bermekaran secara bersamaan dalam waktu sama akan menyajikan pemandangan mempesona. Menyaksikan keindahan akan memperbaiki mood dan perasaan seseorang. Bunga flamboyan yang ditumbuhi bunga bewarna mencolok dan sangat kontras dengan daun hijaunya akan terlihat sangat mempesona. Selain itu, duduk di bawah bunga indah ini sembari membaca buku favorite atau mendengarkan musik akan memberikan kenyamanan. Tumbuhan ini yang tumbuh menyerupai kenopi akan menghalangi sinar matahi dan membuat Kamu merasa sejuk. Tidak herjan jika melihat dan berada di bawah bunga flamboyan akan membantu Kamu melepas penat ketika selesai beraktivitas di dalam ruangan. 

  • Penghias ruangan

walaupun termasuk ke dalam jenis tumbuhan berkayu, Kamu tetap bisa menjadikan flamboyan sebagai salah satu tanaman hias untuk menemani Kamu di ruangan. Dengan pengaturan khusus atau dibantu ahli tanaman, Kamu akan mewujudkan impian menempatkan bunga flamboyan di dalam ruangan. 

  • Bahan Bangunan 

batang pohon flamboyan memiliki ukuran yang cukup besar dan panjang, maka tidak jarang banyak orang memanfaatkannya untuk dijadikan bahan bangunan, salah satunya adalah sebagai bahan pembuatan pagar rumah. 

  • Membuat Perhiasan

Biji flamboyan yang bisa ditemukan pada polongnya dengan warna kocoklatan pada waktu tua ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat perhiasan. Kamu bisa mengeringkan biji ini, kemudian memberikan warna favorite Kamu, kemudian rangkai beberapa biji flamboyan yang sudah diwarnai pada satu rantai pendek sehingga menjadi sebuah gelang atau kalung. Kamu bisa mengkreasikannya sesuai dengan kreativitas yang Kamu miliki. 

Kesimpulan

Bunga Flamboyan memiliki warna yang sangat indah dan cocok dijadikan tanaman hias di halaman rumah kamu, selain itu bunga ini memiliki berbagai jenis warna, kamu bisa memilih warna tersebut sesuai yang kamu inginkan, namun jika kamu ingin membelinya, FlowerAdvisor sebagai toko bunga terpercaya memiliki jenis bunga flamboyan, kamu bisa lihat disini

 

Share:

Leave a Reply